Tentang Kami

Rumah Sakit
TK. III 04.06.03. DR. R. SOETARTO

Sejarah

    Setelah diproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta, maka hampir diseluruh pelosok tanah air terjadi pergolakan bersenjata untuk mempertahankan dan menegakan negara RI. Peristiwa-peristiwa kontak senjata tersebut mengakibatkan berjatuhan korban di wilayah DIY. Pada saat bersamaan lahirlah badan-badan perjuangan antara lain BKR yang nantinya berubah menjadi TKR dan badan-badan perjuangan lainnya.

    Untuk mengurusi badan perjuangan dari BKR/TKR dibentuk Markas Besar Tentara (MBT) berlokasi di Jl. Jendral Sudirman (Eks Ma Korem 072/Pamungkas), sementara para anggota BKR/TKR baik yang turut campur tangan disemua daerah pertempuran dan yang sedang dalam daerah pertahanan kesehatannya diurusi oleh bagian kesehatan tentara baik yang berada di Brigade, Resimen, Bataliyon maupun unit-unit kesatuan tentara lainnya.Kesatuan-kesatuan kesehatan resimen di Bataliyon di pimpin oleh seorang kepala seksi yaitu kepala seksi kesehatan Bataliyon. Untuk mengurusi tentara-tentara yang sakit dan perlu opname, di bentuklah tempat-tempat perawatan tentara diantara Markas Kesehatan Tentara Resimen 21, Resimen 23 dn sebagian lainnya di klinik perjuangan.

    Sekitar tahun 1951 TPT yang semula berlokasi didepan RS Bethesda dan Markas Kesehatan Brigade yang berlokasi di Jl. Widodo kota baru di pindahkan ke Jl. Juwandi No.19 kota baru, bekas Militer Hospital Belanda yang dibangun tahun 1931 yang sebelumnya ditempati di Bataliyon X, dengan nama sebutan Kesehatan DKT.ST 13 dan Rumah Sakit Tentara DKT ST 13 di bawah pimpinan Letkol dr Soetarto (DKT ST 13 : Dinas Kesehatan Tentara Sub Teritorium 13).

    Perkembangan sebutan nama-nama kesehatan / Dinas kesehatan tentara sejak tahun 1950 mengalami perubahan nama sebagai berikut :

1. DKST 13               4. DKAD Resort Militer 072

2. DKT Resimen 13           5. Detasemen Kesehatan 072

3. DKT Resimen Informasi 072     6. Detasemen Kesehatan Wilayah 04.04.02

    Adapun kepala DKT Resort Militer 072 dan Rumkit Tk.II yang berubah menjadi Rumkit Tk.II dan kemudian berubah lagi menjadi Rumkit Tk.III Yogyakarta sejak tahun 1951-1971 dijabat rangkap oleh Dr.R. Soetarto.

Download dokumen lengkap sejarah Rumah Sakit TK. III 04.06.03. DR. R. SOETARTO YOGYAKARTA >> download <<

Download dokumen Laporan Indikator Mutu Prioritas Pada Triwulan I Rumah Sakit TK. III 04.06.03. DR. R. SOETARTO YOGYAKARTA >> download <<

Profile Dokter dapat dilihat >> di sini <<

about

about

about

Visi, Misi, dan Fungsi

  SENYUM     SALAM     SOPAN     SENTUH     SEMBUH

Menjadi rumah sakit kebanggan TNI beserta keluarganya dan masyarakat pengguna lainnya dalam bidang pelayanan.

Memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terjangkau oleh kemampuan masyarakat dalam rangka ikut berperan aktif meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Memberikan pelayanan kesehatan kepada anggota Prajurit, PNS beserta keluarga, dan Masyarakat umum.